PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN DESA PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Dian Mustika, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN DESA PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010311PMT.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar pada pokok bahasan Bangun Datar Segi Empat?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari kemampuan komunikasi matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 28 siswa yaitu 9 siswa tuntas dan 19 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 32,14%. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dengan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 24 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:57
Last Modified: 02 Oct 2017 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item