UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Satri Indrawati, (2010) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201027KI.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dialami siswa di sekolah yaitu kesulitan belajar. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi di mana anak didik tidak dapat belajar secara wajar, disebabkan adanya ancaman dan hambatan dalam belajar. Banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar yang disebabkan oleh kondisi keluarga yang kurang harmonis, kondisi pribadi siswa itu sendiri, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMAN 12 Pekanbaru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara, selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah data dikumpulkan dan dianalsis dapat disimpulkan bahwa upaya guru pembimhbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru tergolong tidak baik. Secara kualitatif persentase diperoleh angka 26,39 %. Faktor pendukung upaya guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru adalah: 1. Faktor guru pembimbing 2. Faktor siswa 3. Faktor kepala sekolah Selain faktor pendukung di atas juga terdapat faktor penghambat upaya guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru adalah: 1. Faktor guru pembimbing 2. Faktor siswa 3. Faktor guru bidang studi 4. Faktor sarana dan prasarana Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada kepala sekolah lebih memperhatikan sarana dan prasarana untuk ruang BK, kepada guru pembimbing harus lebih meningkatkan upaya pelaksanaan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, memiliki kecakapan dalam usaha mendiagnosis siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan dalam melaksanakan layanan sebaiknya bekerja sama dengan orang tua, wali kelas dan guru bidang studi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:44
Last Modified: 02 Oct 2017 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item