PENGARUH PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN SANKSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS DARUL FALAH SALO BANGKINANG57310

Rio Rastuti, (2011) PENGARUH PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN SANKSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS DARUL FALAH SALO BANGKINANG57310. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201153.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan, untuk menjelaskan tentang pengaruh pemberian penghargaan dan sanksi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab di MTS Darul Falah Salo – Bangkinang. Pakar pendidikan menyebutkan adanya pengaruh yang signifikan pemberian penghargaan dan sanksi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sementara tujuan khususnya adalah : untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab . Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pemberian sanksi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab . Untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan pemberian penghargaan dan sanksi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab . Penghargaan merupakan sesuatu yang diberikan kepada peserta di dik sebagai konsekuensi peserta didik telah melakukan tindakan positif. Adapun sanksi berupa konsekuensi yang dijatuhkan oleh pendidik karena telah melakukan tindakan yang tidak baik. Jenis penelitian yang digunakan berbentuk Eksperimen, dengan metode desain The Static Group Comparison (Randomized Control – Group Only Design) . Yaitu adanya kelompok Eskperimen dan kelompok Kontrol. Di mana kelas Eksperimen diberikan perlakuan tertentu untuk jangka waktu tertentu, sementara kelas Kontrol tidak diberikan pe rlakuan, akan tetapi dikenai pengukuran yang sama. Adapun populasi penelitian berjumlah 77 siswa y ang ter diri dari 2 kelas, Untuk sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling . Sem entara itu, subjek penelitian adalah siswa k elas II B sebagai subjek Eks periman, dan kelas II A sebagai subjek Kontrol. Teknik pengumpulan dat anya me nggunakan Tes . Adapun data penelitian ini diola h dengan menggunakan Statistik, dengan menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan hasil eksperimen di lapangan menunjukkan , 1) ada pengaruh yang signifikan pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa. Dilihat dari besarnya angka signifikan penghargaan 0,00 jauh lebih kecil dari 0,05. Berarti, adanya pengaruh signif ikan pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa. 2) tidak ada pengaruh signifikan pemberian sanksi terhadap prestasi belajar siswa. Dilihat dari besarnya angka signifikan sanksi 0.475 jauh lebih besar dari 0,05. Berarti, tidak ada pengaruh sign ifikan pemberian sanksi terhadap prestasi belajar siswa. 3 ) tidak terdapat perbedaan signifikan pemberian penghargaan dan sanksi terhadap prestasi belajar siswa. Dilihat dari perbedaan mean penghargaan le bih baik dibandingkan sanksi dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Terlihat peningkatan penghargaan 5,4 poin dari sebelumnya 72,80 menjadi 78,20. K elompok ya ng diberikan sanksi jug a terjadi peningkatan mean sebanyak 2,6 poin dari sebelumnya 73,20 menjadi 75,80. Akan tetapi peningkatan poin pengharga an lebih besar dari sanksi, dengann beda selisihnya 2,8 poin

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:07
Last Modified: 16 Jan 2016 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item