PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 TAMBAMG KABUPATEN KAMPAR

Syarifah Aini, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 TAMBAMG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010283PMT.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tambang melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tamabang, khususnya pada pokok bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkalaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tambang yang berjumlah 33 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, dan data kemudian dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 36,36%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 51,51%, siklus II 63,63%, dan siklus III 78,78%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Tambang. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas XI, khususnya kelas XI IPA setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 33 siswa, diperoleh 26 siswa tuntas dan 7 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 78,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:47
Last Modified: 02 Oct 2017 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item