PENERAPAN PEMBELAJARAN SINERGIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA VII 6 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERATURAN

Refna Yunelti, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN SINERGIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA VII 6 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERATURAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010281PMT.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode pembelajaran sinergis pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII.6 MTs Negeri Pekanbaru? Siswa kelas VII.6 berjumlah 35 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode pembelajaran sinergis untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas VII.6 MTs Negeri Pekanbaru. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas belajar pada siklus I, siklus II, dan bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar yang ditunjukkan siswa dari siklus siklus I ke siklus II maupun ke siklus III. Pada siklus I, skor aktivitas belajar yang diperoleh siswa sebesar 11,00 atau dengan persentase 68,75%. Adapun aktivitas belajar siswa pada siklus II atau setelah diterapkannya metode pembelajaran sinergis telah terjadi peningkatan dengan skor 12,02 atau dengan persentase sebesar 73,57%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus III aktivitas siswa dicapai pada skor 13,22 atau dengan persentase sebesar 82,68%. Dari data tersebut diketahui bahwa penelitian telah berhasil dilaksanakan, karena telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan, yakni minimal 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:36
Last Modified: 02 Oct 2017 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item