Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKOR-FAKTOR KECELAKAAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. PERDANA INTI SAWIT PERKASA KEBUN SEI AIR HITAM DI KAB. ROKAN HULU

Suhardi (2010) ANALISIS FAKOR-FAKTOR KECELAKAAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. PERDANA INTI SAWIT PERKASA KEBUN SEI AIR HITAM DI KAB. ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010109MEN.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakuakn pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa Kebun Sei Air Hitam di Kab. Rokan Hulu yang berlangsung pada bulan Juli 2009 sampai dengan selesai. Adapun tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui faktorfaktor yang menyebabkan kecelakaan kerja karyawan bagian produksi pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa Kebun Sei Air Hitam di Kab. Rokan Hulu. Hipotesis penelitian ini adalah : Diduga faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja karyawan bagian produksi pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa Kebun Sei Air Hitam di Kab. Rokan Hulu adalah : Lingkungan kerja yang kurang memadai, Skill/keahlian karyawan yang bekerja tidak pada tempatnya dan Pengawasan yang kurang disiplin dari perusahaan. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data primer diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 82 orang responden, pengambilan sampel secara Proposiv Sampling, dimana sampel diambil secara acak. Analisis ini juga didukung oleh data sekunder yang diperoleh langsung dari perusahaan. Analisis data yang di gunakan adalah Analisis data Kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan Uji Statistik, dapat disimpulkan bahwa kecelakaan kerja dipengaruhi oleh Lingkungan kerja, Skill/keahlian dan Pengawasan. Hal ini sesuai dengan pengujian SPSS baik secara simultan maupun secara persial, dimana hasil pengujian secara simultan variabel bebas secara bersama-sama memiliki nilai F hitung (321,564) > F (2,73). Dengan demikian variabel bebas (lingkungan kerja, skill/keahlian dan pengawasan) secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat (Kecelakaan Kerja). Pengujian secara persial diketahui bahwa variabel bebas (X) mempengaruhi secara nyata terhadap varaibel terikat (Y) dimana t lebih besar dari t tabel , berarti H o di tolak dan H diterima. Hasil koefisien regresi diketahui faktor lingkungan kerja (X Skill/keahlian (X 2 ) dengan nilai t 1 hitung 1 ) dengan nilai t 4,052 > t tabel hitung 8,047 > t 1,99 dan faktor Pengawasan (X 3 ) dengan nilai t hitung 3,244>t 1,99. Dari hasil pengujian (R tabel 2 ) sebesar 0,754 yang artinya variabel bebas (lingkungan kerja, Skill/keahlian dan Pengawasan) berpengaruh terhadap varaibel terikat (kecelakaan kerja) sebesar 75,4%. Sedangkan sisanya sebesar 24,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Demi kelancaran proses produksi pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa Kebun Sei Air Hitam di Kab. Rokan Hulu ini, maka sebaiknya perusahaan meningkatkan/ memperhatikan Lingkungan kerja, Skill/keahlian dan Pengawasan untuk menekan tingkat kecelakaan kerja dan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:09
Last Modified: 27 Sep 2017 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item