STRATEGI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA ( ANDRAGOGI ); TELA’AH A TAS MAHASISWA PROGRAM PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU (P2KG) UIN SUSKA RIAU

Yusnimar Yusri, (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA ( ANDRAGOGI ); TELA’AH A TAS MAHASISWA PROGRAM PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU (P2KG) UIN SUSKA RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201145.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Inti dari kegiatan proses belajar adalah strategi pembelajaran. Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran diperlukan untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapa t mencapai hasil yang maksimal. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan yang telah ditetapkan sulit tercapai secar a optimal . Strategi pembelajaran orang dewasa adalah suatu proses berlangsungnya kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik dan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh pendidik. Kegiatan pembelajaran pada orang dewasa tidak sama dengan kegiatan pembe lajaran pada anak - anak. Pembelajaran bagi orang dewasa berlangsung dalam bentuk pengarahan diri sendiri untuk memecahkan masalah. Sedangkan pembelajaran pada anak - anak lebih bersifat pada pemberian materi yang berlangsung dalam bentuk identifikasi dan peni ruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembe l ajara n yang dilakukan pada mahasiswa P2KG serta faktor - faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan pembe l ajaran tersebut. Be ntuk penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kajian lapangan ( field research ) yang bertujuan untuk melihat kegiatan strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang objektif dan ilmiah . Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus . Data yang diperolah di analisis dengan teknik Deskriptif Kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul kemudian diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu data kuantitatif dan data kualita tif. Data kuantitatif berupa angka atau nominal yang kemudian di analisis ke dalam kalimat yang mudah dimengerti dan dijadikan sebuah kesimpulan yang sistem a tis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan ( observation ) dan angket ( kuesioner ) . Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi pe mbelajar an orang dewasa dilihat dari aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan denga n maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan. Ini dibuktikan deng an melihat segala persiapan yang telah dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan proses pembelajaran. Sedangkan dari aspek evaluasi dan faktor - fak t or yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih belum terlaksana secara optimal. Evaluasi yang s ering dilakukan adalah evaluasi sumatif yang menilai pada versi akhir dari suatu program pembelajaran sedangkan fa k tor yang mempengaruhi pr oses belajar mengajar adalah fak tor waktu pelaksanaan pembelajaran tersebut .

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:03
Last Modified: 16 Jan 2016 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item