PENGARUH KEMAMPUAN MA N A JERIAL DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI KOTA DUMAI

Rasyidi, (2011) PENGARUH KEMAMPUAN MA N A JERIAL DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI KOTA DUMAI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201139.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan manajerial dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap kualitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah kota Dumai . Manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan sa lah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengatur kehidupan sesuai dengan potensi, tuntutan dan kebutuhannya . Kualitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah sangat ditentukan oleh kemampuan manajerial dan motivasi ker ja kepala sekolah. Populasi penelitian ini 175 Kepala Sekolah se Kota Dumai . Populasi ini diambil sebagai sampel sebanyak 35 orang secara prof or sional dan random sampling . Data diambil dengan menggunakan kuesioner yaitu variable X1 mempunyai 30 pertanyaan, variable X2 terdiri dari 16 pertanyaan dan variable Y 21 pertanyaan , dan di lengkapi dengan dokumen yang berhubungan dengan jumlah kepala sekolah, tingkat pendidikan, pangkat/golongan, jenis kelamin , dan dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan penggunaan SPSS versi 1 7 . Hasil penelitian secara stimulant atau uji F menunjukkan bahwa, kemampuan manajerial dan motivasi kerja kepala sekolah berpengaruh terhadap Kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah , ditunjukkan dari sig. = 0,00 0 < 0,0 0 5. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan manajerial dan motivasi kerja kepala sekolah akan diikuti dengan meningkatnya kualitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah , begitu sebaliknya. Besarnya pengaruh kemampuan manajerial dan motivasi kerja terhadap kualitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah mencapai 44 , 9 %. Sedangkan hasil uji parsial terdapat masing - masing variabel kemampuan manajerial dan motivasi kerja kepal a sekolah signifikansinya masing - masing adalah 0,03 8 dan 0,001. Adapun signifikansi semuanya kurang dari taraf signifikansi 5% (0,05) . Hal ini mengandung arti bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial pada variabel kemampuan manajerial kepala sekolah erhadap kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah di kota Dumai, sedang motivasi kerja berada pada posisi tetap (konstanta). dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah di kota Dumai, sedang kemampu an manajerial berada pada posisi tetap (konstanta). Dari Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, kemampuan manajerial dan motivasi kerja kepala sekolah ada pengaruh terhadap Kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Kota Dumai. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas kemampuan manajerial , seperti meningkatkan kemampuan berupa (1) kemampuan merencanakan (2) kemampuan mengorganisasikan (3) kemampuan dalam pelaksanaan dan (4) kemampuan mengadakan pengawasan. Dan bila mempunyai kesempatan , selalu mengikuti pelatihan atau seminar yang isinya membahas tentang manajemen pendidikan, agar kemampuan manajemen dapat selalu ditingkatkan. Motivasi kerja juga harus selalu ditingkatkan, karena bila motivasi ke rja tinggi, maka kualitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pun akan lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 04:00
Last Modified: 16 Jan 2016 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item