EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL AND TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENURUNKAN AFFECTIVE FILTER SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH SUKAJADI PEKANBARU

Elfia Roza, (2010) EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL AND TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENURUNKAN AFFECTIVE FILTER SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010297PBA.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian experiment, dengan tujuan untuk mengetahui apakah pendekatan CTL efektif dalam menurunkan affective filter siswa pada proses pembelajaran bahasa arab dan apa saja dampak positif dan dampak negative nya setelah diterapkan pendekatan CTL pada proses pembelajaran bahasa arab. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II, yaitu II A dan II B, di SMA Muhammadiyah, dan objeknya adalah efektifitas penerapan pendekatan CTL dalam menurunkan affective filter siswa pada proses pembelajaran bahasa arab di SMA Muhammadiyah. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan observasi, angket tersebut dilaksanakan sebelum menerapkan pendekatan CTL dan sesudah menerapkan pendekatan CTL sedangkan untuk menganalisa data dengan menggunakan rumus : C 100 % N R = f 2 2 1 1     N - +      N - = M - M SDx SDy x y to Data analisa yang diperoleh dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan, affective filter siswa dari kelas yang diterapkan pendekatan CTL dalam menurunkan affective filter siswa, dengan yang tidak menerapkan pendekatan CTL. Perbedaan mean menunjukkan kelas yang diterapkan pendekatan CTL lebih efektif dalam menurunkan affective filter siswa dari pada yang tidak. Karena nilai To= 3,75 berarti besar dari Tt baik pada taraf signifikan 5 % maupun taraf signifikan 1 % ( 1,99 < 3,75 > 2,64 ). Dengan demikian pendekatan CTL efektif dalam menurunkan affective filter siswa pada proses pembelajaran bahasa arab. Dan dari hasil observasi di dapatkan hasil 81,875, dikatakan efektif karena terletak pada tingkat 86% - 100 %. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. dengan demikian pendekatan Contextual Teaching And Learning efektif dalam menurunkan affective filter siswa pada proses pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:21
Last Modified: 20 Sep 2017 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item