KEMAHIRAN DALAM MELAFALKAN HURUF-HURUF ARAB YANG TIDAK ADA BUNYINYA DI DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWI MTs DINIYYAH PUTERI PEKANBARU

Rifi Maulidri, (2010) KEMAHIRAN DALAM MELAFALKAN HURUF-HURUF ARAB YANG TIDAK ADA BUNYINYA DI DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWI MTs DINIYYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010168PBA.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemahiran siswi-siswi MTs Diniyyah Puteri Pekanbaru dalam melafalkan huruf-huruf Arab yang tidak ada bunyinya dalam bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini adalah mengapa sebagian besar siswi-siswi tidak mahir dalam melafalkan huruf-huruf Arab yang tidak terdapat bunyinya di dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian dilaksanakan di dalam kelas dengan cara memberi tes membaca teks bahasa Arab yang peneliti siapkan sebanyak dua lembar. Sedangkan di dalam teks tersebut terdapat hurufhuruf Arab yang bunyinya tidak terdapat di dalam bahasa Indonesia. Kemudian peneliti juga memberikan angket kepada siswi-siswi yang menjadi sampel dan kepada dua orang guru bahasa Arab untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemahiran siswi-siswi tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah siswi-siswi MTs Diniyyah Puteri Pekanbaru. Adapun objeknya adalah kemahiran dalam melafalkan huruf-huruf Arab yang bunyinya tidak terdapat di dalam bahasa Indonesia. Sedangkan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswisiswi MTs Diniyyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2009- 2010. Berhubung jumlah mereka cukup banyak yaitu 139 orang, maka peneliti mengambil sampel sebanyak 30 orang, 15 orang dari kelas VII dan 15 orang dari kelas VIII A. Pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan angket. Analisis statistik yang digunakan untuk tes “t” menggunakan rumus: Setelah data dianalisis dengan rumus statistik tersebut, kemudian peneliti membandingkan to dengan tt dengan to = 5,133 berarti besar dari tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% (2,04 < 5,133 > 2,75). Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan signifikan antara kemahiran siswi-siswi MTs Diniyyah Puteri Pekanbaru kelas VII dengan kelas VIII A dalam melafalkan huruf-huruf Arab yang bunyinya tidak terdapat di dalam bahasa Indonesia. Dan terlebih khususnya lagi ada perbedaan yang signifikan tingkat kemahiran antara masing-masing individu siswi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:16
Last Modified: 20 Sep 2017 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item