Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN METODE CLIL DAN METODE QIRA’AH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PERSIAPAN QAWA’ID BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MTI TARUSAN KAMANG MUDIK SUMATRA BARAT

Irma Hidayati (2010) PERBANDINGAN METODE CLIL DAN METODE QIRA’AH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PERSIAPAN QAWA’ID BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MTI TARUSAN KAMANG MUDIK SUMATRA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201097PBA.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk membandingkan pembelajaran Qawa’id, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan Qawa’id antara siswa yang diajar dengan metode CLIL dan siswa yang diajar dengan metode Qira’ah dalam pembelajaran Bahasa arab di MTI Tarusan Kamang Mudik Sumatera Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kls 11 Tsanawiyah MTI Tarusan Kamang Mudik Sumatera Barat, dan objeknya adalah Efektifitas Metode CLIL untuk Meningkatkan Kemampuan Qawa’id di Pondok Pasantren MTI Tarusan Kamang Mudik Sumatera Barat. Peneliti menggunakan Test dan observasi dalam mengumpulkan data. Test tersebut dilaksanakan sebelum menngunakan metode eksperimen (metode CLIL) dan sesudah menggunakan metodetersebut, dan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus : C 100 % N R = f 2 2 1 1     N - +      N - = M - M SDx SDy x y to Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan Qawa’id siswa yang diajar dengan metode CLIL dan siswa yang diajar dengan metode Qira’ah. Karena nlilai To = 5,136 lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,06 dan pada taraf 1% = 2,78, ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak, dan data observasi mencapai 76,19% (bagus) karena pada tingkatan 65% - 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:07
Last Modified: 20 Sep 2017 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item