EFEKTIVITAS SYSTEM TERPADU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH STANAWIYAH KELAS TIGA PONPES DARUL FATAH KAMPAR UTARA

Edison, (2010) EFEKTIVITAS SYSTEM TERPADU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH STANAWIYAH KELAS TIGA PONPES DARUL FATAH KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201086PBA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas system terpadu dalam pengajaran bahasa arab di Madrasah tsanawiyah kelas tiga pondok pesantren Darul Fatah Kampar Utara. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas system tepadu dalam pengajaran bahasa arab di pondok pesantren darul fatah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dikelas yakni penulis menobservasi satu orang guru yang mengajarkan bahasa arab dengan menggunakan system terpadu dalam pengajarannya dan meninterviw terhadap guru tersebut. Subjek dari penelitian ini yaitu guru yang mengajar di kelas tiga tsanawiyah dipondok pesantren Darul fatah kampar utara. Dan adapun objeknya adalah efektivitas system terpadu dalam pengajaran bahasa arab kelas tiga tsanawiyah pondok pesantren darul fatah, adapun populasi pada penelitian iini yaitu satu orang guru bahasa arab yang mengajar dipondok pesantren darul fatah. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Maka analysis statistik yang digunakan adalah study deskriptif kuantitatif dengan persentase. Apabila datanya terkumpul maka diklasifikasikan kepada dua kelompok data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Terhadap data bersifat kualitatif digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Sedang kan data bersifat kuantitatif yang berwujud angka-angka hasil perhitungan dapat di peroleh persentase lalu ditafsirkan dengan kalimat yang bersifatkualitatif, minsalnya baik , diterima(maqbul) dan kurang. Berdasarkan observasi penulis dengan enam kali observasi, maka adapun hasil dari observasi tersebut adalah baik atau efektif yaitu banyak dari langkah-langkah tersebut dilaksanakan guru dalam pengajaranya yaitu 80%. Maka adapun hasil analisys data dari wawancara yaitu untuk menentukan factorfaktor yang mempengarui efektif system terpadu dalam pengajaran bahasa arab. Maka adapun factor- factor tersebut adalah pengetahuan guru atau pemahaman guru terhadap system terpadu tersebut dan tehnik guru dalam mengajar, kurikulum, lingkungan sekolah, persiapan guru dalam mengajar dan semangat guru dalam mengajar Dan adapun untuk mengetahui data observasi dengan menggunakan rumus study descriptif quantitatif dengan rumus : p : x100% N f Keterangan: P : Persentase F : Frekuensi N : Jumlah keseluruhan Dengan hasil penelitian 80,88 % dengan kategori baik atau efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:01
Last Modified: 20 Sep 2017 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item