Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH KOTA BATAM

Muhammad Irwan (2013) MENINGKATKAN HASIL PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013182PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan Penelitian pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan metode latihan ( drill ) pada materi operasi perkalian bilangan bulat untuk meningkatkan hasil perkalian siswa kelas IV MI Tarbiyyatul Hidayah Kota Batam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dari observasi, dokumentasi dan tes yang dilaksanakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran langsung dengan menggunakan metode latihan pada materi oprasi perkalian bilangan Bulat. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif dengan presentase aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa tanpa tindakan dengan angka persentasi 53.33% dengan kategori lemah. Pada siklus I angka persentasi hasil belajar siswa 65.24% berkategori cukup. pada siklus II angka presentasi hasil belajar siswa 70.49% dengan kategori kuat. Sedangkan pada siklus III hasil belajar siswa mencapai angka presentasi 87.14% dengan kategori sangat kuat dan aktifitas guru dari siklus I hingga siklu III telah mengalami peningkatan. dengan indikator yang memenuhi hasil ideal≥70%. Peningkatan tergambar pada setiap siklus dan terjadi secara signifikan dari setiap siklus. Hal ini menunjukan bahwa Penerapan Model pembelajaran langsung dengan menggunakan metode latihan ( drill ) pada materi operasi perkalian bilangan bulat dapat meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Tarbiyyatul Hidayah Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:12
Last Modified: 23 Dec 2015 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item