PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN BANTUAN LABORATORIUM MINI PADASISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 21 PEKANBARU

Suhudi, (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN BANTUAN LABORATORIUM MINI PADASISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010278PMT.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Bantuan Laboratorium Mini. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru Dapat Ditingkatkan Melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dan belajar matematika siswa. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah bangun ruang dan sub pokok bahasan yang digunakan yaitu kubus dan balok. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu sebelum model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini diterapkan, peneliti mengadakan observasi minat, selanjutnya peneliti menerapkan model pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dan mengamati perkembangan minat belajar matematika dengan mengisi lembar observasi. Data yang diperoleh melalui observasi belajar matematika merupakan data ordinal yang kemudian akan diolah dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan signifikan antara minat belajar matematika sebelum dengan setelah tindakan. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan laboratorium mini diperoleh tabel perhitungan Chi Kuadrat ( χ 2 ) yaitu 70 berarti lebih besar dari taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipoesis alternative diterima. berdasarkan analisis data tersebut analisis dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran CTL Dengan Bantuan Laboratorium Mini dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 21 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:18
Last Modified: 11 Sep 2017 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item