PERSAINGAN DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Nenet Triana, (2010) PERSAINGAN DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010117EI.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Persaingan dan Strategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Usaha tanaman hias merupakan cabang usaha yang sangat prospektif untuk diusahakan di Kecamatan Marpoyan Damai, ini dapat dilihat dari banyaknya usaha tanaman hias yang telah berdiri dan akan didirikan ditempattempat yang dianggap dapat menarik konsumen lebih banyak, karena ditempat ini banyak terdapat usaha tanaman hias yang memungkinkan timbulnya persaingan dalam usaha. Untuk mengatasinya, pengusaha harus memiliki strategi pemasaran yang baik agar usahanya tidak menurun. Adapun yang menjadi permasalahan yaitu, bagaimana bentuk persaingan usaha yang ada di Kecamatan Marpoyan Damai, bagaimana strategi pemasaran usaha tanaman hias di Kecamatan Marpoyan Damai serta tinjauan Ekonomi Islam tentang persaingan dan strategi pemasaran usaha tanaman hias. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk persaingan usaha tanaman hias, strategi pemasaran yang digunakan serta tinjauan Ekonomi Islam tentang persaingan dan strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Marpoyan Damai, tepatnya disepanjang jalan Arifin Ahmad, karena disana lah banyak terdapat usaha-usaha tanaman hias. Teknik dan pengumpulan data dalam penulisan ini yaitu observasi, wawancara dan angket. Dari hasil penelitian penulis, terdapat 18 unit usaha tanaman hias yang berada disepanjang jalan Arifin Ahmad. Tempat ini merupakan tempat yang strategis untuk mendirikan usaha karena tempat ini adalah tempat yang sedang berkembang, terutama dalam bidang pembangunan. Para pengusaha menyadari bahwa tempat yang strategis akan memungkinkan banyak usaha-usaha yang berdiri, dan pada akhirnya menimbulkan persaingan. Dalam menghadapi pesaing, para pengusaha tersebut menggunakan strategi-strategi dalam menghadapi pesaing, terutama dalam strategi pemasaran, pengusaha menggunakan strategi seperti: penataan tempat yang asri, mengusahakan agar tanaman yang ditawarkan lengkap dan bermutu, pelayanan yang baik, memberikan harga yang layak dan terjangkau, memberikan diskon, memberikan penjelasan kepada konsumen bagaimana merawat tanaman hias, serta ikut dalam pameran tanaman hias. Intinya, dalam hal mempertahankan usaha agar tidak kalah dari pesaing adalah dengan cara bekerja keras dan selalu berusaha menjadi yan terbaik. Dalam Islam persaingan yang dibolehkan adalah persaingan yang sehat yang tidak mengandung unsure penipuan. Sedangkan strategi pemasaran yang sesuai syariah adalah berupaya dengan sungguh-sungguh di jalan Allah SWT dengan mengelola sumber daya secara optimal untuk mencapai tujuan yang terbaik disisi Allah SWT. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, yang merupakan seorang marketer yang handal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:20
Last Modified: 29 Sep 2017 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item