PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX.2 MTs NEGERI MODEL KUOK

Yelpida, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX.2 MTs NEGERI MODEL KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010268PMT.pdf

Download (378kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok melalui penerapan model pembelajaran interaktif. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ” Apakah Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok tahun ajaran 2008/2009”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam KBM. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok semester II tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 34 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok semester II tahun ajaran 2008/2009. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/ Persiapan tindakan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Interaktif ini, dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok pada materi Barisan Bilangan dan Deret, yang mana rata-rata minat belajar matematika siswa berdasarkan indikator pembelajaran secara keseluruhan sebelum tindakan sebesar 60,35%, dan minat belajar matematika siswa berdasarkan indikator pembelajaran secara keseluruhan setelah tindakan meningkat menjadi 80.55%, sedangkan minat belajar matematika siswa perindikator sudah mencapai target yaitu 75%. Dari penjelasan diatas menunjukan bahwa minat belajar matematika siswa kelas IX-2 MTs Negeri Model Kuok dapat ditingkatkan melalui Penerapan Modal Pembelajaran Interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:17
Last Modified: 11 Sep 2017 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item