PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEKANBARU

Rita Andesta, (2010) PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010116EI.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengelolaan Pembiayaan Dana Talangan Haji Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru. Produk dana talangan haji merupakan suatu produk pembiayaan dimana produk ini menggunakan akad Qardh. Dalam hal ini penulis meneliti tentang bagaimana cara pengelolaan dana talangan haji pada Bank Syariah Mandiri cabang Pekanbaru. Latar belakang penulis mengambil judul ini yaitu, melihat bagaimana pengelolaan dana talangan haji dalam rangka pendaftaran haji untuk memperoleh nomor porsi atau pelunasan BPIH. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana pengelolaan dana talangan haji serta bagaimana analisa pengelolaan dana talangan haji menurut perspektif hukum Islam. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru, yang berada di jalan jenderal Sudirman Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang karyawan Bank Syariah Mandiri yang di ambil dari 20 populasi karyawan bank, dan 37 responden yang di ambil dari populasi yang berjumlah 250 nasabah, pengambilan sampel ini menggunakan sistem tekhnik random sampling. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, sedangkan tekhnik analisa data yang di gunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang membahas permasalahan dengan menguraikan dan menjelaskan, sehingga memperoleh gambaran tentang permasalahan yang sebenarnya dan membandingkan antara teori kenyataan untuk mengambil kesimpulan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, pembiayaan dana talangan haji pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru, telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam rangka pendaftaran haji untuk memperoleh nomor porsi atau pelunasan BPIH. Apalagi semenjak dipromosikannya produk dana talangan haji ini kini telah mengalami peningkatan-peningkatan yang sangat bagus, karena telah menarik hati masyarakat yang ingin naik haji. Dengan adanya produk pembiayaan dana talangan haji telah membantu nasabah yang mempunyai masalah dengan ongkos naik haji dalam memperoleh nomor porsi haji pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru, dan produk talangan ini telah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:14
Last Modified: 11 Sep 2017 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item