PEMIKIRAN IBNU RUSYD TENTANG QIRADH DAN IMPLIKASINYA DENGAN PRODUK QIRADH PADA BANK RIAU SYARIAH CABANG PEKANBARU

Rela Diwanti (2010) PEMIKIRAN IBNU RUSYD TENTANG QIRADH DAN IMPLIKASINYA DENGAN PRODUK QIRADH PADA BANK RIAU SYARIAH CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010111EI.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Adapun Skripsi ini berjudul “PEMIKIRAN IBNU RUSYD TENTANG QIRADH DAN PERBANDINGANNYA DENGAN PRODUK QIRADH PADA BANK RIAU SYARIAH CABANG PEKANBARU. Ini ditulis dengan latar belakang bahwa dalam pemikiran Ibnu Rusyd mengatakan bahwa praktek qiradh ini sudah berlaku pada masa jahiliyah, kemudian sesudah Islam datang, praktek qiradh ini masih tetap berjalan pada Bank yang berprinsip Syariah. Ibnu Rusyd mengatakan sifat qiradh itu adalah memberikan seseorang modal (harta) kepada orang lain agar digunakan untuk berdagang, dimana pihak bekerja memperoleh sebagian tertentu dari keuntungan harta itu, yakni bagian yang telah disepakati sebelumnya, dan apabila pemberi modal usaha dalam bentuk barang tidak diperbolehkan, karena mereka beralasan qiradh dengan barang itu dapat menimbulkan kesamaran. Sedangkan perbandingannya pada pelaksanaan qiradh di Bank Riau Syariah adalah sebagai akad kerjasama usaha antara dua pihak dengan keuntungan menurut kesepakatan yang dituangkan dalam kontak, dalam sistem peminjaman modal, dalam bentuk uang tunai yang diberikan modalnya kepada nasabah, kemudian Bank memberikan modalnya kepada nasabah itu dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Qiradh merupakan salah satu bentuk transaksi yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana Konsep Qiradh menurut pemikiran Ibnu Rusyd dan bagaimana perbandingannya pada pelaksanaan produk Qiradh yang ada di Bank Riau Syariah cabang Pekanbaru. Sedangkan tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas konsep Qiradh menurut Ibnu Rusyd dan perbandingannya dengan produk Qiradh pada Bank Riau Syariah cabang Pekanbaru atau untuk menambah wawasan dan daya nalar penulis dalam upaya memahami pemikiran seorang tokoh. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Studi Kepustakaan (library reseach), dan lapangan (field reseach), sebagai bahan primer dalam penulisan Ilmiah ini adalah buku-buku yang dikarang oleh Ibnu Rusyd dalam kitabnya Bidayatul Mujtahit dan buku-buku lain yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas, dan data-data yang diambil dari Bank Riau Syariah cabang Pekanbaru. Dalam pengumpulan data langkah yang diambil adalah literatur yang ada hubungannya dengan pokok masalah dan melakukan observasi. Dalam Analisis data penulis menggunakan metedo komperatif dan dalam metode penulisan ini menggunakan metode Deduktif dan Induktif. Setelah penulis mengkaji dan menelaah pemikiran Ibnu Rusyd tentang Qiradh, dan perbandingannya pada pelaksanaan produk qiradh di Bank Riau Syariah cabang Pekanbaru. Diantara kedua perbandingan tersebut memiliki kasamaan dan perbandingan, konsep tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam atau dengan kata lain hukumnya mubah (boleh).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:01
Last Modified: 11 Sep 2017 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item