Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TEORI SUPPLY DAN DEMAND IBNU KHALDUN DALAM KITAB AL-MUQADDIMAH

Defy Ariani (2010) TEORI SUPPLY DAN DEMAND IBNU KHALDUN DALAM KITAB AL-MUQADDIMAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010110EI.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Adapun skripsi ini berjudul “Teori Supply dan Demand Ibnu Khaldun Dalam Kitab Al-Muqaddimah”. Pembahasan judul ini dilatarbelakangi oleh pemikiran beliau tentang teori Supply dan Demand. Beliau menekankan bahwa kenaikan penawaran atau penurunan permintaan menyebabkan kenaikan harga. Dalam mempertahankan hidupnya manusia diberi kebebasan dalam memenuhi kebutuhan yang ada. Prinsip kebebasan menjadikan seorang penjual bersikap baik terhadap pembeli. Penjual tidak bisa mengabaikan keberadaan pembeli demikian juga sebaliknya pembeli tidak bisa mengabaikan keberadaan penjual. Penjual harus memahami pendapatan pembeli supaya barangnya terbeli dan pembeli juga harus memahami biaya yang dikeluarkan penjual untuk menghasilkan barang tersebut. Bila tidak ada saling pemahaman maka penjual dan pembeli tidak berhubungan. Oleh karena itu, harga pasar didasarkan atas keseimbangan penawaran dan permintaan. Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana teori Supply dan Demand menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Al-muqaddimah, dan bagaimana konsep Ibnu Khaldun tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Supply dan Demand. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang supply dan demand menurut Ibnu Khaldun, dan untuk mengetahui bagaimana konsep Ibnu Khaldun tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Supply dan Demand. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah studi kepustakaan (Library Research) sebagaimana bahan primer dalam tulisan ilmiah ini adalah karya-karya yang dikarang oleh Ibnu Khaldun yaitu dalam kitab Al-muqaddimah dan buku lain yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Dalam pengumpulan data langkah yang diambil adalah mencari literatur yang ada hubungannya dengan pokok masalah. Dalam analisa data penulis menggunakan metode analisa data Kualitatif.Dan dalam metode penulisan penelitian ini gunakan metode Deskriptif Analitik. Setelah penulis mengkaji dan menelaah pemikiran Ibnu Khaldun tentang teori Supply dan Demand, penulis melihat bahwa dalam teori supply dan demand menyatakan bahwa apabila suatu kota berkembang dan penduduk bertambah banyak maka harga kebutuhan pokok akan murah, sedangkan kebutuhan barang sekunder akan naik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi supply dan demand menurut Ibnu Khaldun yaitu permintaan akan barang mewah terus mengalir, sehingga penduduk jadi terbiasa dan barang mewahpun kemudian menjadi kebutuhan pokok, laju keuntungan relatif, jangkauan usaha manusia, ukuran angkatan kerja dan pengetahuan serta keterampilan, dan jumlah penduduk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:58
Last Modified: 11 Sep 2017 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item