Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KERJASAMA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEKANBARU DENGAN YAYASAN MASMUR PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN FASILITAS PEMBELAJARAN GURU-GURU (Studi Kasus di Koperasi Masmur Pekanbaru)

Irwansyah (2010) KERJASAMA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEKANBARU DENGAN YAYASAN MASMUR PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN FASILITAS PEMBELAJARAN GURU-GURU (Studi Kasus di Koperasi Masmur Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201091EI.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: "Kerjasama Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru Dengan Yayasan Masmur Pekanbaru Dalam Meningkatkan Fasilitas Pembelajaran Guru-Guru (Studi Kasus Di Koperasi Masmur Pekanbaru)". Penelitian ini penulis lakukan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru, yang beralamat di Jln. Jend. Sudirman No.417-419 Pekanbaru Telp (0761) 8629115, Fax (0761) 862918. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kerjasama Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Yayasan Masmur Pekanbaru dalam meningkatkan fasilitas pembelajaran guru-guru, apa saja faktor pendorong dan penghambat terjalinnya kerjasama antara Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Yayasan Masmur Pekanbaru, serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kerjasama tersebut ? Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru yang berkaitan dengan terjalinnya kerjasama dengan Yayasan Masmur Pekanbaru yang berjumlah 7 orang. Sedangkan guru di lembaga pendidikan ini berjumlah 120 orang dan aktif sebagai anggota koperasi Yayasan Masmur dan Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 50% dari populasi maka dari guru 60 orang, dan dari pimpinan dan karyawan bank muamalat yang terlibat langsung dengan kerjasama ini 7 orang. Maka penulis menetapkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan technical random sampling (teknik pengambilan sampel secara acak). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara, angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk kerjasama Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Yayasan Masmur Pekanbaru dalam meningkatkan fasilitas pembelajaran guru-guru yaitu: PT Bank Muamalat Indonesia cabang Pekanbaru memberikan fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor terhadap para guru Yayasan Masmur Pekanbaru, PT Bank Muamalat Indonesia cabang Pekanbaru menyediakan fasilitas pembiayaan pembelian laptop bagi guru Yayasan Masmur Pekanbaru, dan PT Bank Muamalat Indonesia cabang Pekanbaru juga memberikan fasilitas pembiayaan KPR/renovasi rumah kepada guru Yayasan Masmur Pekanbaru tersebut. Faktor pendorong terjalinnya kerjasama antara Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru dengan Yayasan Masmur Pekanbaru yaitu prosedur untuk mendapatkan pembiayaan mudharabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru relatif mudah, besar pemotongan gaji setiap bulan untuk melunasi pembiayaan yang ditetapkan oleh PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru tidak membebankan para guru, dan adanya itikad baik khususnya dari pihak Yayasan Masmur Pekanbaru yang bersedia untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kalau terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena mayoritas status tenaga pengajar di Yayasan Masmur Pekanbaru masih sebagai guru honorer maka pembayaran pembiayaan menjadi kurang lancar dan jangka waktu pencairan dana pembiayaan mudharabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Pekanbaru relatif lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:50
Last Modified: 11 Sep 2017 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item