KONTRIBUSI NASABAH TERHADAP KINERJA BANK RIAU CABANG PEMBANTU RUMBAI MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM

Lien Sapitri, (2010) KONTRIBUSI NASABAH TERHADAP KINERJA BANK RIAU CABANG PEMBANTU RUMBAI MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201090EI.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kontribusi Nasabah Terhadap Kinerja Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai Menurut Tinjauan Hukum Islam. Kontribusi nasabah disini maksudnya yaitu dalam bentuk pengaduan yang disampaikan nasabah kepada Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai. Adapun latar belakang penulis mengambil judul ini yaitu karena ingin mengetahui bagaimana bentuk pengaduan nasabah kepada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai, dan apa saja yang diadukan nasabah serta bagaimana tanggapan dan analisa PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai terhadap pengaduan yang disampaikan nasabah. Selanjutnya untuk mengetahui kontribusi pengaduan nasabah terhadap kinerja Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai, dan hal ini ditinjau menurut Hukum Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan karyawan PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai bagian Pelaksana Costumer Service dan Pimpinan Seksi Operasional dan nasabah yang mengadu pada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai yang berjumlah 352 orang. Oleh karena jumlah populasinya relative banyak maka penulis menetapkan sample sebanyak 50 orang dengan tekhnik rhandom sampling (acak). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, angket, dokumentasi dan melalui buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini ada dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diproleh penulis langsung dari kay informan yaitu karyawan dan nasabah PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai dan data sekunder yaitu yang diperoleh dari bukubuku dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa pengaduan yang disampaikan nasabah kepada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai meliputi aspek produk ATM, pembiayaan, jasa pengiriman uang dan pelayanan bank. Dan pengaduan yang diajukan nasabah ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja PT. Bank Riau Cabang Pembantu Rumbai. Kontribusinya terlihat pada peningkatan kehati-hatian bank dalam memproses setiap transaksi nasabah, pemberian informasi yang lebih memadai mengenai produk yang ditawarkan bank, selanjutnya peningkatan pada aspek pelayanan yang diberikan bank terhadap nasabah. Pengaduan nasabah dapat meningkatkan kinerja bank yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak yaitu nasabah dan perbankan. Selanjutnya ditinjau menurut Hukum Islam, kontribusi pengaduan nasabah terhadap peningkatan kinerja bank adalah tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Penyampaian pengaduan nasabah tersebut merupakan bentuk saling nasehat menasehati antara sesama muslim supaya mentaati kebenaran dan melakukan kebaikan yang sangat dianjurkan oleh Alah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:47
Last Modified: 11 Sep 2017 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item