FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KREDIT MACET DAN SOLUSINYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PT. BANK RIAU CABANG TANJUNG BATU KUNDUR KABUPATEN KARIMUN)

Muhammad Aguswoyo, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KREDIT MACET DAN SOLUSINYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PT. BANK RIAU CABANG TANJUNG BATU KUNDUR KABUPATEN KARIMUN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201087EI.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KREDIT MACET DAN SOLUSINYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PT BANK RIAU CABANG TANJUNG BATU KUNDUR KABUPATEN KARIMUN). Penelitian ini penulis lakukan pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun yang beralamat di Jl. Merdeka No. 14. Permasalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun, bagaimana solusi kredit macet pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun, dan apa saja usaha yang dilakukan oleh PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun untuk mencegah terjadinya kredit macet serta bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap permasalahan tersebut ? Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah pimpinan dan pegawai PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun. Sedangkan objeknya adalah faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet dan solusinya pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpanan dan seluruh pegawai PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun yang berjumlah 17 orang. Sedangkan sebagai sampelnya penulis mengambil sebanyak 10 orang dengan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak atau tanpa pandang bulu yang mana semua individu dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun yaitu: perubahan kondisi perekonomian, penggunaan dana pinjaman yang tidak sesuai dengan tujuan awal, karakter nasabah yang tidak jujur dan tidak terbuka, kurangnya pengalaman debitur atau nasabah dalam mengelola usahanya, serta menurunnya omset atau pendapatan nasabah. Solusi kredit macet pada PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun yaitu penagihan secara persuasif melalui teguran atau peringatan secara lisan maupun tertulis kepada debitur, memperpanjang jangka waktu kredit, menambah modal nasabah dengan pertimbangan bahwa nasabah tersebut memang membutuhkan tambahan dana dan usaha yang dibiayai memang masih layak, dan melakukan eksekusi atau penyitaan jaminan apabila nasabah sudah tidak punya etikad baik atau sudah tidak mampu lagi untuk membayar semua hutang-hutangnya. Usaha yang dilakukan oleh PT Bank Riau Cabang Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun untuk mencegah terjadinya kredit macet adalah penyaluran kredit tetap dengan prinsip kehati-hatian, dan melakukan pengarahan dan penagihan pada kredit yang sudah menunjukkan gejala macet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:11
Last Modified: 11 Sep 2017 06:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item