Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN OFFICE CHANNELLING PADA BANK SYARIAH (STUDI DI BANK RIAU SYARIAH PEKANBARU)

Muhammad Syarif (2010) PENERAPAN OFFICE CHANNELLING PADA BANK SYARIAH (STUDI DI BANK RIAU SYARIAH PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201084EI.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Office Channelling Pada Bank Syariah Studi di PT.Bank Riau Syariah Pekanbaru, yang menjadi latar belakang penulisan skripsi ini adanya bank-bank konvensional yang mempunyai unit usaha syariah membuka jaringan kantor layanan syariah atau office channelling di kantor cabang bank konvensional. Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan office channelling, apa faktor pendukung dan penghambat serta dampak penerapan office channelling tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di PT. bank Riau Syariah Pekanbaru, yang beralamat Jl. Sudirman No. 628, dimana bank Riau Syariah merupakan bank syariah milik pemerintah daerah provinsi Riau, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan bank Riau Syariah, dan karyawan yang bertugas dikantor unit layanan office channelling di kantor cabang dan cabang pembantu bank Riau di pekanbaru, Sedangkan objeknya adalah penerapan office channelling . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan office channelling, faktor pendukung, penghambat serta dampak office channelling pada bank Riau Syariah, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan mengunakan deskriptif analisis dengan metode penulisan deduktif, induktif dan deskriftif. Berdasarkan hasil analisa maka dapat diambil kesimpulan yaitu: penerapan office channelling di bank Riau Syariah Pekanbaru sudah cukup baik, sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan oleh Bank Indonesia, namun masih sebatas pada penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), adapun yang menjadi faktor pendukung adalah bank Riau sebagai bank milik pemerintah daerah, banyaknya animo masyarakat untuk berpindah kebank syariah, masyarakat Riau yang agamis dan jumlah kantor cabang bank Riau yang tersebar di seluruh wilayah, yang menjadi penghambat adalah masih rendahnya sosialisasi dan edukasi bank syariah serta masih terbatasnya SDM yang memahami ekonomi syariah. Dampak penerapan office channelling, meningkatnya DPK bank Riau Syariah, bertambahnya market share, semakin meluasnya akses ke masyarakat dan bank Riau Syariah bisa bersaing dengan bank konvensional. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut maka dapat diajukan beberapa saran antara lain : 1. Diharapkan bank Riau Syariah meningkatkan produk pembiayaan di kantor office channelling. 2. Meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta meningkatkan kulitas SDM yang menguasai aspek fiqih dan manajmen perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 06:09
Last Modified: 11 Sep 2017 06:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item