Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SDN 008 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG

Nurhaidah (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SDN 008 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010262PMT.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang dengan jumlah murid sebanyak 15 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran langsung menggunakan alat peraga manik-manik murid kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan dua kali pertemuan pelaksanaan tindakan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang pada materi pokok bilangan bulat. Rata-rata hasil belajar murid sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 40%, sedangkan hasil belajar murid setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 93%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah murid, artinya seluruh murid telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar murid dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 008 Kualu Nenas Kecamatan Tambang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran langsung menggunakan alat peraga manik-manik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:13
Last Modified: 11 Sep 2017 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item