Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN PEMIKIRAN UMAR BIN AL-KHATAB TENTANG TEORI KONSUMSI

Tuti Masitoh (2010) KAJIAN PEMIKIRAN UMAR BIN AL-KHATAB TENTANG TEORI KONSUMSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201076EI.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul KAJIAN PEMIKIRAN UMAR BIN AL-KHATAB TENTANG TEORI KONSUMSI ditulis dengan latar belakang bahwa konsumsi merupakan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di era globalisasi ini, konsumsi memegang peranan yang penting, apabila konsumsi dihentikan atau terhenti akan menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap produksi. Dalam sejarah terdapat banyak pelajaran. Umat Islam pada hari ini sangat membutuhkan kajian mendetail terhadap generasi terbaiknya (generasi salafusalleh), menguasai seluruh permasalahannya, mengetahui bagaimana generasi salafusalleh mengaplikasikan ajaran Islam dalam seluruh bidang kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teori konsumsi pakaian menurut Umar bin al-Khatab dan bagaimana realisasi teori konsumsi pakaian menurut Umar bin al-Khatab dikalangan kaum muslimah (wanita) masa sekarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teori kosumsi pakaian menurut Umar bin al-Khatab dan untuk mengetahui bagaimana realisasi teori konsumsi pakaian Umar bin al-Khatab dikalangan kaum muslimah (wanita) masa sekarang. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian kepustakaan (library research), dan yang dijadikan sebagai data primer dalam penelitian ini adalah data yang di peroleh langsung dari sumber utama, yaitu buku yang di karang oleh DR. Jaribah Bin Ahmad al-Haritsi alih bahasa oleh H. Asmuni Solihan Zamakhsyari, Lc dengan judul Fiqh Ekonomi Umar bin al-Khatab. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah Deskriptif. Dari Teori konsumsi pakaian menurut pemikiran Umar bin al- Khatab mengemukakan bahwasanya seorang Konsumen muslim akan lebih dekat dari garis konsumsi khususnya dalam konsumsi pakaian yang benar jika ia semakin komitmen dengan kaidah-kaidah konsumsi. Dimana kaiah-kaidah tersebut pada dasarnya mengemukakan tujuan dari konsumsi itu adalah sebagai sarana penolong dalam beribadah kepada Allah dan Kaidah-kaidah konsumsi lainnya yang bertujuan untuk mengatur konsumsi umat muslim agar mencapai kemanfaatan konsumsi seoptimal mungkin, dan mencegah penyelewengan dari jalan kebenaran dan dampak mudharatnya baik bagi konsumen sendiri maupun yang lainnya. Dalam kaidah tersebut pada dasarnya diperintahkan untuk sederhana dan menyesuaikan antara konsumsi dan pemasukan serta pelarangan sikap bermewahan, kikir, dan meniru pola konsumsi yang buruk bagi konsumen maupun orang lain. Realisasi teori konsumsi pakaian Umar bin al-Khatab dikalangan muslimah masa sekarang terutama dalam hal konsumsi pakaian kaum wanita telah jauh diabaikan dari apa yang diajarkan Umar bin al-Khatab, karena wanita muslimah di masa sekarang telah banyak mengkonsumsi pakaian yang jauh dari tujuan pakaian yaitu menutup aurat. Kaum muslimah telah sibuk dengan berbagai pakaian dan perhiasan dan mereka lebih mementingkan kepuasan dibanding mashlahah yang didapat dari kegiatan konsumsinya dan lebih senang mengikuti pakaian-pakaian orang-orang kafir. Keanekaragaman dan banyaknya pakaian dan perhiasan yang ditawarkan yang membentuk prilaku-prilaku hedonistik, materialistik serta pemborosan. Banyaknya kebutuhan yang diciptakan telah melemahkan kemampuan khususnya kaum muslimah dalam memilih barang konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 05:06
Last Modified: 11 Sep 2017 05:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item View Item