EFEKTIFITAS PRODUK AL-QARDHUL HASAN PT. BNI SYARIAH CABANG PEKANBARU BAGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KOTA PEKANBARU

Witrido, (2010) EFEKTIFITAS PRODUK AL-QARDHUL HASAN PT. BNI SYARIAH CABANG PEKANBARU BAGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201070EI.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul EFEKTIFITAS PRODUK AL-QARDHUL HASAN PT. BNI SYARIAH CABANG PEKANBARU BAGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KOTA PEKANBARU. Pinjaman Al-Qardhul Hasan yang diberikan oleh PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru kepada Pengusaha kecil Nasabah PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru diharapkan dapat membantu perkembangan usaha mereka. Dengan adannya pinjaman yang diberikan modal yang dimiliki para pengusaha kecil tersebut semakin bertambah, semakin besar modal yang dimiliki para Pengusaha Kecil tersebut maka jumlah penjualan dapat bertambah besar pula dan laba yang diperoleh semakin meningkat bukan sebaliknya. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perkembangan hasil usaha pengusaha kecil nasabah PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru, Bagaimana pengembalian pinjaman Al-Qardhul Hasan PT.BNI Syariah Cabang Pekanbaru, dan Bagaimana Efektifitas produk Al-Qardhul Hasan PT. BNI Syariah Cabang Pekangbaru bagi pengembangan usaha kecil dikota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 Karyawan dan dijadikan sampel 5 orang sedangkan populasi dari Nasabah pengusaha kecil periode 2006-2009 berjumlah 24 orang dan dijadikan sampel 18 orang dengan teknik random Sampling. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru dan Pengusaha Kecil yang melakukan pinjaman Al-Qardhul Hasan dan sumber data Skunder yaitu data yanga diperoleh dari iformasiinformasi yang bersangkutan dengan penelitian ini dan buku-buku referensi yang penulis gunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan hasil usaha pengusaha kecil nasabah PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru, untuk mengetahui bagaimana pengembalian pinjaman AlQardhul Hasan PT.BNI Syariah Cabang Pekanbaru, dan untuk mengetahui bagaimana Efektifitas produk Al-Qardhul Hasan PT. BNI Syariah Cabang Pekangbaru bagi pengembangan usaha kecil dikota Pekanbaru. Dengan metode pengumpulan data secara observasi, angket, wawancara, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode penulisan deduktif, induktif, dan deskriptif. Setelah penulisan ini dilakukan dan dianalisa, maka dapat diketahui efektifitas produk Al-Qardhul Hasan PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru bagi pengembangan usaha kecil di Kota Pekanbaru dinilai sudah cukup efektif, sebagaimana bisa dilihat dari hasil-hasil data yang telah dikumpulkan yakni sebagian besar dari para Nasabah Pengusaha kecil setelah mendapatkan pinjaman penghasilan usaha yang mereka jalankan meningkat dan tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam membantu pengembangan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:52
Last Modified: 11 Sep 2017 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item