Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS VA SDN 040 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Meisuriani (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS VA SDN 040 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010257PMT.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 040 Tampan Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatfi tipe STAD dengan pendekatan RME. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 040 Tampan Pekanbaru tahun ajaran 2008/ 2009 dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 040 Tampan Pekanbaru pada materi pokok bangun ruang. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 40%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 72%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas VA SD Negeri 040 Tampan Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 05:26
Last Modified: 11 Sep 2017 05:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item