PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BENGKALIS

Nurmala, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIC SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010256PMT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMP Negeri 4 Bengkalis, setelah diterapkan strategi concept mapping dengan pendekatan reciprocal teaching. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran concept mapping dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII c SMP Negeri 4 Bengkalis Kecamatan Bengkalis pada pokok bahasan bangun ruang yaitu kubus dan balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII c SMP Negeri 4 Bengkalis yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini penerapan strategi pembelajaran concept mapping dengan pendekatan reciprocal teaching adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMP Negeri 4 Bengkalis pada pokok bahasan bangun ruang yaitu kubus dan balok. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Observasi dilakukan sebanyak tiga kali tindakan yaitu dengan mengisi lembar pengamatan guru dan siswa yang dilakukan oleh tiga orang pengamat yaitu Bapak Abdul Mukti, S. Si (1 orang guru), Ibu Ermawanti S. Pd.I (14 orang siswa) dan bapak Rajadi (14 orang siswa). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan strategi pembelajaran concept mapping dengan pendekatan reciprocal teaching diperoleh t0 = 8.788 yang berarti lebih besar dari harga tt dari taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Analisis data dilakukan juga untuk membandingkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus 1 adalah 60,53, siklus 2 adalah 63,92 dan siklus 3 adalah 73,03. Ternyata terjadi peningkatan secara signifikan sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran concept mapping dengan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMP Negeri 4 Bengkalis Kecamatan Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:26
Last Modified: 11 Sep 2017 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item