PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK IDENTITAS KORPORAT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR

Siska Rahmi, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK IDENTITAS KORPORAT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010254PMT.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kampar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Identitas Korporat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kampar tahun ajaran 2008/ 2009 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Identitas Korporat untuk Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, diakhir siklus dilaksanakan evaluasi untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Kampar pada materi pokok fungsi komposisi dan fungsi invers. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketuntasan 46%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 76,92% dan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 92,31%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kampar dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik identitas korporat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:23
Last Modified: 11 Sep 2017 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item