PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MURID KELAS III MI MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KABUPATEN KAMPAR

Eva Susanti, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MURID KELAS III MI MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010251PMT.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas III MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas III MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar pada materi pokok pecahan?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktik untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pembelajaran dalam kelas, salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kabupaten Kampar yang berjumlah 40 orang murid dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw untuk meningkatkan motivasi belajar matematika murid. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar murid maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar matematika sebelum penerapan dan motivasi belajar matematika setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw. Dengan hasil rata-rata persentase motivasi pada siklus I sebesar 66,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:22
Last Modified: 11 Sep 2017 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item