PENERAPAN STRATEGI INQUIRI BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTRUKSTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM YLPI PEKANBARU

Eli Marnis, (2010) PENERAPAN STRATEGI INQUIRI BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTRUKSTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM YLPI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010250PMT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII5 SMP Islam YLPI Pekanbaru melalui Strategi Inquiri Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas yaitu salah satunya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 SMP Islam YLPI Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 pada pokok bahasan Lingkaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh penulis sendiri dan guru bidang studi matematika. Observasi dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan rincian 1 kali tanpa tindakan dan 3 kali dengan tindakan, yaitu penerapan strategi inquiri based learning dengan pendekatan kontruktivisme. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes “t” untuk sampel yang berkorelasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 16,00. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai Penerapan Strategi Inquiri Based Learning Dengan Pendekatan Kontruktivisme diperoleh nilai to= 9,412 yang berarti lebih besar dari harga tt pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf 5% dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi strategi inquiri based learning dengan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII5 SMP Islam YLPI Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan awal rata-ratanya 58,85 (sebelum tindakan), sedangkan sesudah tindakan dengan Penerapan strategi inquiri based learning dengan pendekatan kontruktivisme pada siklus I rata-ratanya 63,21, siklus II rata-ratanya 67,69 dan puncak keberhasilan pada siklus III dengan rata-rata 73,78 dengan nilai ketuntasan klasikal 78,79 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:20
Last Modified: 11 Sep 2017 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item