Mardani Hamka (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING SISWA KELAS VIII PONPES ANSHARULLAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010226PMT.pdf Download (615kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bahwa penerapan strategi pembelajaran mastery learning dapat meningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ansharullah Kecamatan Kampar Timur. Rumusan masalahnya adalah ”Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan strategi pembelajaran mastery learning siswa Pondok Pesantren Ansharullah Kecamatan Kampar Timur?” Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yang merupakan kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ansharullah Kecamatan Kampar Timur yang berjumlah 33 orang, yaitu 24 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran mastery learning (belajar tuntas). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes berbentuk soal essay, yang dilakukan diakhir pembelajaran setiap kali pertemuan. Peneliti memberikan skor pada setiap jawaban siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika. Total skor yang diperoleh siswa sebelum dan setelah melakukan tindakan dijadikan sebagai data hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunkan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 33 siswa yaitu 13 siswa tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 39.39%. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dengan penerapan strategi pembelajaran mastery learning pada pertemuan terakhir (siklus III), diperoleh ketuntasan individual yaitu 24 siswa tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 72.73%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan strategi pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ansharullah Kecamatan Kampar Timur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 02:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11239 |
Actions (login required)
View Item |