PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 17 PEKANBARU

Salimah Diniyati, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010224PMT.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru. Adapun perumusan masalahnya adalah “ apakah penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan Bantuan Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa ?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih propesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pokok bahasan yang digunakan adalah Lingkaran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi berupa tes. Tes dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan rincian satu kali tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan bantuan Peta Konsep. Setelah data diperoleh kemudian peneliti mengelola data dengan menggunakan komputer “ SPSS for windows versi 16,0” yang bertujuan untuk mengetahi ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan dari dua variable yang diinferensialkan yaitu hasil belajar matematika sebelum menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dengan Bantuan Peta Konsep dan hasil belajar matematika sesudah menggunakan penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan Bantuan Peta Konsep. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan Bantuan Peta Konsep diperoleh nilai Tes “t” = 5.874 yang berarti lebih besar dari harga kritik Tes “t” baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Advance Organizer dengan Bantuan Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:16
Last Modified: 11 Sep 2017 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item