ANALISA PELAYANAN KTP DAN EFEKTIVITAS PADA KANTOR KELURAHAN MINAS JAYA KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM

Indra Mahdi, (2010) ANALISA PELAYANAN KTP DAN EFEKTIVITAS PADA KANTOR KELURAHAN MINAS JAYA KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201093JS.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul : “ Analisa Pelayanan KTP Dan Efektivitas Pada Kantor Kelurahan Minas Jaya Kecamatan Minas Kabupaten Siak DiTinjau Menurut Hukum Islam”. Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimanakah efektivitas pelayanan yang diberikan oleh aparatur Pemerintahan Kelurahan kepada masyarakat terutama pelayanan KTP ? 2. Apa saja yang menjadi kendala masyarakat dalam pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk? Adapun yang menjadi tujuan yang mendasar dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Pelayanan di Kantor Kelurahan Minas Jaya. Penelitian ini bersifat (field research), yang mana data diperoleh melalui wawancara, yaitu mengadakan wawancara secara langsung terhadap subjek dan objek penelitian mengenai analisa efektifitas pelayanan pada Kantor Kelurahan. Data juga diperoleh melalui daftar pertanyaan (angket) kepada responden yang dianggap mempunyai kemampuan untuk memberikan jawaban yang akurat, selanjutnya membaca literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan data-data yang terkumpul bahwa analisa efektifitas pelayanan di Kantor Kelurahan yang selama ini dialami masyarakat belum sesuai dengan apa yang diharapkan,.Padahal masyarakat sangat ingin mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan, terutama apabila menyangkut urusan pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ini terlihat dengan kurang mudahnya dalam mengurus kepentingan, mendapatkan pelayanan yang wajar, mendapatkan perlakuan yang sama, mendapatkan perlakuan jujur dan terus terang. Sebagai pengayom dan pelayan masyarakat, Aparatur Kelurahan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat dengan baik, ini ditunjukkan dengan menerima setiap usulan dan kritik yang membangun dari masyarakat Karena telah ditetapkannya dalam Perda Kabupaten Siak, bahwasanya salah satu Tugas,Fungsi dan Organisasi Pemerintah Kelurahan adalah melayani masyarakat, sehingga haruslah bisa terwujud pelayanan yang baik, yang seharusnya didapatkan masyarakat. Sedangkan bila ditinjau dari hukum islam, Aparatur Kelurahan sebagai pemimpin organisasinya, bisa berpedoman dengan sifat-sifat Rasulullah SAW sebagai Uswatun Hasanah yaitu Siddik atau jujur, tabligh atau menyampaikan, amanah atau dapat dipercaya serta fatonah atau cerdas, Apabila Aparatur Kelurahan bisa mencontoh sifat Nabi ini, masyarakat akan sangat senang karena memiliki pemimpin yang benar-benar mengayomi dan melayani masyarakatnya dengan baik dan hasilnya masyarakat dapat dengan mudah apabila berurusan dengan pelayanan di Kantor Kelurahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:23
Last Modified: 08 Sep 2017 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item