Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REALISASI PERATURAN BUPATI ROKAN HULU NOMOR 4 TAHUN 2007 TENTANG ALOKASI DANA DESA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi kasus Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di DesaTambusai Timur )

Suhdi (2010) REALISASI PERATURAN BUPATI ROKAN HULU NOMOR 4 TAHUN 2007 TENTANG ALOKASI DANA DESA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi kasus Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di DesaTambusai Timur ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201065JS.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: REALISASI PERATURAN BUPATI ROKAN HULU NOMOR 4 TAHUN 2007 TENTANG ALOKASI DANA DESA (ADD) DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tambusai Timur) Dengan kenyataan bahwa lebih kurang 90% penduduk negara bermukim di desa-desa dengan keadaan yang kenyataanya saat ini masih termasuk dalam keadaan tertinggal dalam segala bidang, seperti bidang trasportasi, penerangan, pendidikan dll, maka upaya pembangunan dan pemberdayaan desa-desa merupakan langah penting untuk dilaksanakan. Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sangatlah peduli terhadap pembagunan dan pemberdayaan desa. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dalam Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor 4 Tahun 2007 tentang Alokasi Dana Desa (ADD) dan dengan dibagikannya dana sebanyak Rp 400 Juta perdesa diseluruh Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2007, yang dalam mengelola dana tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor 4 Tahun 2007 tentang Alokasi Dana Desa dan Desa Tambusai Timur menjadi salah satu desa yang menerima dana tersebut. Penulis merasa tertarik untuk meneliti hal ini terutama dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut. Maka permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pemerintah Desa Tambusai Timur dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD), sejauhmana keterlibatan Badan Permusyawaratan Desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut serta tinjauan hukum Islam terhadap pegelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tambusai Timur. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Tambusai Timur Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan sumber dan pengumpulan datanya diperoleh dari observasi yaitu penulis terjun kelokasi untuk mengamati secara langsung bagaimana Alokasi Dana Desa (ADD) itu dikelola, kemudian dengan wawancara kepada responden yang dianggap mampu memberikan data yang valid, dan angket, yaitu memberikan sejumlah pertanyaan tertulis kepada responden serta melalui kajian literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan data-data yang terkumpul bahwa di Desa Tambusai Timur Alokasi Dana Desa (ADD) dikelola tidak sesuai dengan apa yang telah diamanahkan dalam Peraturan Buptai Rokan Hulu Nomor 4 Tahun 2007 tentang Alokasi Dana Desa (ADD), yang mana pada Peraturan Buprati tersebut mengharuskan bahwa penggunaan dana desa harus diketahui dan dimusyawarahkan masyarakat desa dalam proses Perencanaan Tahunan Desa. Sementara yang ditemui oleh penulis banyak kejanggalan yang terjadi disana.misalnya dalam proses perencanaan Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut dilaksanakan dengan tanpa melibatkan masyarakat bahkan Badan Permusyawaratan Desa yang menjadi wakil masyarakat dipemerintahan desa pun tidak dilibatkan dan kejanggalan-kejanggalan lainya. Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tambusai Timur dilihat dari tinjauan hukum Islam belum sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Al-Qur’an dan apa yang telah dipraktikkan serta disabdakan oleh Rasulullah Saw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:16
Last Modified: 08 Sep 2017 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item