PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AL-HUDA PANGKALAN NYIRIH KELAS VIII KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Sri Miharti, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AL-HUDA PANGKALAN NYIRIH KELAS VIII KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010214PMT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Di MTs Al-Huda Pangkalan Nyirih Kelas VIII Kecamatan Rupat Bengkalis. Adapun rumusan masalahnya adalah “Apakah Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika di kelas VIII Mts Al Huda Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 23 orang. Pokok bahasan yang digunakan adalah kubus dan balok. Sedangkan objeknya adalah Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara diferensial dan inferensial dengan menggunakan tes “t”. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual diperoleh nilai tes “t” = 5.59 yang berarti lebih besar dari harga kritik Tes “t” baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%. Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Al-Huda pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:02
Last Modified: 08 Sep 2017 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item