MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) KELAS VIII MTs HASANAH PEKANBARU

Marlian Astuti, (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) KELAS VIII MTs HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010211PMT.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata ratanya 54.91, sedangkan rata-rata setelah tindakan dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) adalah 60.53 pada siklus I, 65.35 pada siklus II, 71.70 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:01
Last Modified: 08 Sep 2017 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item