MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR (INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) SISWA KELAS VIII A MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Aljufri Mardi, (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR (INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) SISWA KELAS VIII A MTs DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010190PMT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Diniyah Puteri Pekanbaru setelah diterapkan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Diniyah Puteri Pekanbaru yang berjumlah 24 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar untuk meningkatkan motivasi siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru, di kelas VIII A ternyata motivasi belajar matematika siswa masih rendah. Untuk itu penulis tertarik untuk mencari solusi sehingga diharapkan motivasi belajar metematika siswa meningkat. Adapun rumusan masalah penelitian in adalah “Apakah penerapan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Diniyah Puteri Pekanbaru pada pokok bahasan lingkaran?”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : satu kali pertemuan awal tanpa tindakan dan tiga kali siklus dengan tindakan. Pengamat mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembaran observasi sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif dapat dilihat dari persentase ketecapaian siswa dan ketercapaian indikator. Sebelum tindakan, ada 20 orang siswa yang memiliki motivasi rendah, 4 orang siswa yang memiliki motivasi sedang dan tidak ada siswa yang memiliki motivasi tinggi. Pada siklus I, ada 10 orang siswa yang memiliki motivasi rendah, 13 orang siswa yang memiliki motivasi sedang dan 1 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi. Pada siklus II, tidak ada siswa yang memiliki motivasi rendah, 15 orang siswa yang memiliki motivasi sedang dan 9 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi. Pada siklus III, tidak ada siswa yang memiliki motivasi rendah, 3 orang siswa yang memiliki motivasi sedang dan 21 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi. Dan tercapainya 80% dari indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analilsis data disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik lingkaran kecil lingkaran besar pada pokok bahasan lingkaran pada kelas VIII A MTs Diniyah Puteri Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:46
Last Modified: 08 Sep 2017 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item