PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 SMP ISLAM YLPI KECAMATAN SENAPELAN KELURAHAN PADANG BULAN

Putri Beta L, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 SMP ISLAM YLPI KECAMATAN SENAPELAN KELURAHAN PADANG BULAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010184PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan setelah diterapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan metode Inquiry Based Learning (IBL) di SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan pada pokok bahasan Segitiga dan Segi empat?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Islam YLPI Pekanbaru yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL). Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut, diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan Metode Inquiry Based Learning (IBL) di SMP Islam YLPI Pekanbaru Kecamatan Senapelan Kelurahan Padang Bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:45
Last Modified: 08 Sep 2017 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item