PEMBERDAYAAN LEMBAGA EKONOMI KERAKYATAN ROKAN HILIR TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KECAMATAN BANGKO

Agustina, (2010) PEMBERDAYAAN LEMBAGA EKONOMI KERAKYATAN ROKAN HILIR TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KECAMATAN BANGKO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201061EI.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya-upaya Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil, Bagaimana Minat Usaha Kecil Mendapatkan Bantuan Pemberdayaan, serta Bagaimana Perkembangan Usaha Kecil yang di Bina. Hal ini perlu diteliti karena pada dasarnya pemberdayaan ini bertujuan membantu masyarakat pengusaha kecil menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan mereka menjadi usaha yang tangguh dan mandiri dan dapat berkembang menjadi usaha menengah, sehingga penulis tertarik untuk membuktikan hal tersebut, apakah pemberdayaan modal dan pembinaan yang diberikan sudah meningkatkan ekonomi masyarakat yang kurang mampu yang ekonominya lemah atau malah sebaliknya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir (LEK-ROHIL) yang berada di Jln. Perniagaan No. 211 B Bagansiapiapi. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 orang masyarakat usaha kecil dan 11 orang karyawan Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir (LEK-ROHIL) dan semua populasi dijadikan sampel. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh lansung dari pimpinan dan staf Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir (LEK-ROHIL) dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian penulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya Lembaga ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir (LEK-ROHIL) dalam pemberdayaan usaha kecil, bagaimana minat usaha kecil mendapatkan bantuan pemberdayaan serta bagaimana perkembangan usaha kecil yang dibina. Dengan metode pengumpulan data secara wawancara, studi pustaka, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif dengan metode penulisan induktif, deduktif, dan komperatif. Setelah penulisan ini dilakukan dan dianalisa, maka dapat diketahui pemberdayaan Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir terhadap pengembangan usaha kecil yaitu upaya-upaya dalam pemberdayaan usaha kecil ini belum sepenuhnya efektif dilaksanakan oleh Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir karena keterbatasan dana operasioanal, minat usaha kecil mendapatkan pemberdayaan ini sangat antusias sekali, dan setelah adanya pemberdayaan usaha kecil khususnya masyarakat yang ada di Kota Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, usaha yang mereka jalankan semakin meningkat dan berkembang. Tetapi ada juga sebagian masyarakat khususnya di Kota Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, minat usaha kecil mendapatkan pemberdayaan modal bergulir dari Lembaga Ekonomi Kerakyatan Rokan Hilir, di gunakan untuk keperluan konsumtif atau dipakai secara pribadi sehingga usaha yang mereka jalankan macet dan tidak berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:42
Last Modified: 08 Sep 2017 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item View Item