Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PROGRAM SOSIALISASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA BADAN NARKOTIKA PROVINSI RIAU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA MAN 1 PEKANBARU

Ramadani (2010) EFEKTIFITAS PROGRAM SOSIALISASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA BADAN NARKOTIKA PROVINSI RIAU TERHADAP PENGETAHUAN SISWA MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201096KOM.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui efektifitas program sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh Badan Narkotika Provinsi Riau dengan cara mengukur pengetahuan dan pemahaman objek penyuluhan program sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba, dalam hal ini peneliti mengambil sampel siswa MAN 1 Pekanbaru. Latar belakang penulis mengambil judul penelitian ini adalah dikarenakan penulis ingin melihat seberapa besar peran program penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Provinsi Riau dalam upaya menekan angka pengguna penyalahgunaan narkoba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik ini menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk angka-angka yang kemudian ditambahkan dengan kalimat pendukung berdasarkan hasil wawancara. Metode ini akan menjawab permasalahan melalui angket yang disebarkan kepada sampel penelitian yang diperkuat dengan hasil wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aribowo Prijosaksono dan Ping Hartono (2002) yang menjelaskan lima hukum komunikasi efektif yang dirangkum dalam istilah REACH (respect, emphaty, audible, clarity, dan humble) maksudnya adalah komunikasi akan berjalan efektif apabila dalam proses komunikasi diikuti oleh sikap saling menghargai, kemampuan untuk menempatkan diri pada kondisi dan keadaan yang dihadapi oleh orang lain, kemampuan untuk menyampaikan pesan sebaik mungkin sehingga penerima pesan mampu menangkap dan memahami apa yang disampaikan oleh pemberi pesan, kemampuan untuk menjadikan pesan yang disampaikan jelas diterima dan tidak menimbulkan multi interpretasi, dan kemampuan untuk bersikap rendah hati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, program sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba berjalan efektif namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama mengenai konten penyuluhan yang sebaiknya mengurangi penjelasan yang mendalam mengenai cara yang dilakukan oleh pengguna penyalahgunaan narkoba dalam mengkonsumsi narkoba tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 13:01
Last Modified: 07 Sep 2017 13:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item