Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI REMAJA TERHADAP TAYANGAN DAHSYAT DI RCTI SEBAGAI SUMBER HIBURAN (Studi kasus RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai)

Darlia (2010) PERSEPSI REMAJA TERHADAP TAYANGAN DAHSYAT DI RCTI SEBAGAI SUMBER HIBURAN (Studi kasus RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201095KOM.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Persepsi Remaja Terhadap tayangan Dahsyat di RCTI sebagai sumber hiburan (Studi kasus RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai) terdapat berbagai persepsi, karena ada remaja yang menilai tayangan dahsyat tersebut cukup baik dilihat dari perbedaan yang ada di dahsyat dan ada juga yang menilai tayangan dahsyat tersebut kurang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi remaja di RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai terhadap tayangan dahsyat dan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi remaja terhadap tayangan dahsyat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi remaja di RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai terhadap tayangan dahsyat dan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi remaja terhadap tayangan dahsyat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelurahan Tangkerang Barat RT 04/Rw 04 yang meliputi remaja awal umur 12-15 sebanyak 4 orang, remaja madya umur 15-18 sebanyak 4 orang dan remaja akhir umur 19-22 sebanyak 4 orang. Jadi jumlah sampel nya adalah berjumlah 12 orang dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode kualitatif yakni proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkip. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan uses and gratifications dimana teori ini memberikan alternatif untuk memandang pada hubungan antara isi media dan audiens, dan pengkategorian isi media terhadap fungsinya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi remaja di RT 04/RW 04 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai terhadap tayangan dahsyat dapat dilihat dari perbedaan tayangan dahsyat dengan tayangan reality show yang lain dan perbedaannya adalah (a)”Kalau tayangan reality show yang lain kebanyakan kaset yang diputar tetapi kalau di dahsyat langsung suara asli penyanyinya, (b)Beliau juga mengatakan informasi yang ada di dahsyat sangat bagus karena bisa mengetahui perkembangan dunia infotaiment, selain informasi tentang infotaiment di dahsyat ada juga membahas masalah sosial dan politik, (c) Dan lagu-lagu yang di putar di dahsyat kebanyakan lagu-lagu terbaru, jadi remaja mengetahui lagu-lagu apa saja yang terbaru saat ini” dari perbedaan tersebut tayangan dahsyat banyak dinikmati oleh remaja dan faktor yang mempengaruhi persepsi remaja terhadap tayangan dahsyat yaitu pendapat, pengetahuan dan minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 12:59
Last Modified: 07 Sep 2017 12:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item