PENGARUH BAHASA JURNALISME SASTRA PADA SURAT KABAR RIAU POS DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KELURAHAN SIMPANG TIGA KOTA PEKANBARU

Makhful, (2010) PENGARUH BAHASA JURNALISME SASTRA PADA SURAT KABAR RIAU POS DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KELURAHAN SIMPANG TIGA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201089KOM.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

PENGARUH BAHASA JURNALISME SASTRA PADA SURAT KABAR RIAU POS DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KELURAHAN SIMPANG TIGA KOTA PEKANBARU Penelitian ini dilatar belakangi karena bagaimana melihat perkembangan dan minat baca masyarakat dalam hal ini tentunya delihat dari beberapa aspek salah satunya adalah bagaimana peran media massa surat kabar Riau Pos. Peran penting nya dalam membantu meningkatkan minat baca masyarakat simpang tiga, umumnya masyarakat Riau. Dari latar belakang di atas permasalahan yang diteliti adalah tentang bagaimana gaya penulisan bahasa jurnalistik sastra dalam membantu meningkatkan minat baca masyarakat kelurahan Simpang Tiga Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan wartawan surat kabar Riau Pos dan masyarakat RW 9 dan 10 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, dan karena jumlahnya banyak, maka penulis mengambil sampel 14 orang wartawan dan 90 responden yang terdiri dari 40 orang masyarakat RW 9 dan 50 orang masyarakat RW 10 kelurahan Simpang Tiga. Sumber data dalam penelitian ini dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu pertama data yang diperoleh dari responden, dengan cara memberi pertanyaan kepada responden. Dan kedua data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada Wapimred, dan wartawan Riau Pos. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yaitu Teknik ini menjelaskan dan menggambarkan dengan kalimat kemudian dianalisa dengan kerangka teori yang relevan tanpa melakukan uji matematis atau statistik. kemudian diambil suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa dari analisa data dengan pendekatan teoritis sebaga alat ukur menunjukkan bahwa penulisan jurnalistik sastra pada surat kabar Riau Pos tergolong pada kategori berhasil. Hal ini ditunjukkan banyaknya asumsi yang terjawab, dari 5 asumsi yang dijadikan tolak ukur atas keberhasilan Riau Pos dalam menyajikan kolom jurnalisme sastra. Dari 90 orang responden yang memberikan respon positif yang menunjukkan kepuasan kinerja Riau Pos dalam menyajikan jurnalistik sastra dalam upaya membantu meningkatkan minat baca masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 12:46
Last Modified: 07 Sep 2017 12:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item