ANALISIS ISI TENTANG CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN MAJALAH FEMINA EDISI 12-18 PADA BULAN APRIL-MEI 2010

Eka Sri Setia Ningsih, (2010) ANALISIS ISI TENTANG CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN MAJALAH FEMINA EDISI 12-18 PADA BULAN APRIL-MEI 2010. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201079KOM.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita lihat di dalam media massa banyak perempuan yang digunakan dalam iklan. Keterlibatan perempuan tersebut di dasari dua faktor utama, yang pertama perempuan adalah pasar yang sangat besar di dalam industri. Faktanya lebih banyak produk industri diciptakan bagi perempuan. Faktor kedua adalah bahwa perempuan di percaya mampu menguatkan pesan iklan. Pada saat ini, iklan menjadi satu hal yang sangat penting terutama di media cetak salah satunya adalah Majalah. Di dalam iklan majalah menggambarkan perempuan dalam iklan yang memiliki peranan perempuan di rumah tangga dan kecantikan. Kecantikan dan keanggunan tersebut yang menjadi perioritas dalam iklan.Dalam penelitian ini, peneliti berusaha meneliti tentang Citra Perempuan dalam iklan di media cetak yaitu Majalah Femina Terbitan April-Mei Edisi 12-18 Tahun 2010. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra perempuan dalam iklan majalah femina. Peneliti menggunakan metodologi penelitian teknik pengumpulan data dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode penelitian analisis isi dengan menggunakan teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Hampir di seluruh iklan di majalah Femina menggunakan model Perempuan. Jenis-jenis produk yang menggunakan model perempuan tersebut adalah kosmetik, obat, shampoo dan pasta gigi, elektronik, sabun mandi, elektronik, susu, makanan & minuman, Sabun detergen, toko dan perbankan. Citra perempuan dalam iklan majalah femina diukur dengan menggunakan indikator citra perempuan yaitu citra pergaulan, citra pinggan, citra pilar dan citra pigura. Hasil analisis data menunjukkan citra perempuan dalam iklan pada majalah femina lebih dominan pada citra pergaulan dengan frekwensi 58 atau 54,72% yang menampakkan kecantikan, keanggunan dan kemewahan. Yang kemudian di susul oleh citra pinggan, citra pilar dan citra pigura. Keyword : Analisis Isi, Citra Perempuan, Majalah Femina

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 12:33
Last Modified: 07 Sep 2017 12:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item