PENGARUH IKLAN ROKOK DI MEDIA TELEVISI TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA AWAL (Studi Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Dayun Kabupaten Siak)

Mufrikhah, (2010) PENGARUH IKLAN ROKOK DI MEDIA TELEVISI TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA AWAL (Studi Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Dayun Kabupaten Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201077KOM.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini perkembangan perilaku merokok sangatlah mengkhawatirkan, penyebabnya adalah adanya fenomena perokok pemula yang semakin muda usianya yaitu masa remaja awal dari usia 14 - 15 tahun ke usia dibawah 12 - 13 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh iklan rokok di media televisi terhadap perilaku merokok remaja awal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Dayun yang pernah melihat iklan rokok dan memutuskan mengkonsumsi rokok, dengan jenis kelamin laki-laki dan yang berusia 12-15 tahun. Sampel penelitian ini adalah 49 responden yang memenuhi keriteria seperi pada populasi diatas. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden yang telah ditetapkan menjadi populasi dan sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan rokok terhadap perilaku merokok ternyata memiliki kecenderungan positif yaitu pengaruh iklan rokok di media televisi terhadap remaja awal memiliki korelasi sebesar 0,34 dengan persentase besarnya hubungan yaitu sebesar 12%. Hasil yang telah didapat ini menunjukkan bahwa pengaruh iklan rokok di media televisi walaupun berada dalam level sangat rendah namun memiliki kontribusi terhadap perilaku merokok pada remaja awal SMP Negeri 2 Dayun kabupaten siak. Hal ini disebabkan oleh pengaruh iklan rokok yang ada di media televisi akan menimbulkan efek kognitif, afektif dan konatif pada diri responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 12:28
Last Modified: 07 Sep 2017 12:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item