IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PERTAMINA ( PERSERO ) REFINERY UNIT II SUNGAI PAKNING DALAM MENCIPTAKAN CITRA POSITIF DI KALANGAN MASYARAKAT DESA SUKAJADI KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS

Bambang Sutejo, (2010) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PERTAMINA ( PERSERO ) REFINERY UNIT II SUNGAI PAKNING DALAM MENCIPTAKAN CITRA POSITIF DI KALANGAN MASYARAKAT DESA SUKAJADI KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201075KOM.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Substansi masalah pada penelitian ini adalah dikarenakan dalam melaksanakan tugas pokok, Pertamina Kilang Production BBM RU II Sungai Pakning mempunyai komitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Komitmen tersebut tercermin dalam bentuk kegiatan yang dilaksakan perusahaan dan badan-badan yang ada diperusahaan. Pengimplementasian program CSR yang dilakukan oleh PT.Pertamina RU II tidak hanya untuk sekedar meraih citra semata, namun program yang dilaksakan PT.Pertamina RU II dilakukan secara berkesinambungan dengan tujuan dapat meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara implementasi progam CSR PT Pertamina RU II dengan citra positif dikalangan masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang staff Hupmas PT.Pertamina RU II dan Masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu yang jumlahnya 30 orang dari jumlah penduduk Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu yang merasakan progam CSR PT.Pertamina Persero RU II Sungai Pakning. Untuk mengetahui hubungan antara implementasi progam CSR PT Pertamina RU II dengan citra positif dikalangan masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu penulis menggunakan metode korelasional. Selanjutnya untuk menentukan hubungan antara implementasi progam CSR PT Pertamina RU II dengan citra positif dikalangan masyarakat Desa Sukajadi penulis menggunakan teori Yusuf Wibisono (2007) yang menguraikan 10 keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan jika melakukan program Corporate Social Responsibility, salah satunya yaitu mampu mempertahankan dan mendongkrak reputasi dan image perusahaan perbuatan destruktif pasti akan menurunkan reputasi perusahaan, sebaliknya kontribusi positif pasti akan mendongkrak image dan reputasi positif perusahaan. Image / citra yang positif ini penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan antara implementasi progam CSR PT. Pertamina (persero) RU II Sungai Pakning terhadap citra perusahaan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah PT.Pertamina (Persero) RU II telah mengimplementasikan progam CSR secara maksimal di kalangan masyarakat Desa Sukajdi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Sep 2017 12:23
Last Modified: 07 Sep 2017 12:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item