PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE JIGSAW LEARNING DENGAN SISTEM KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MAN KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT

Muliadi, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE JIGSAW LEARNING DENGAN SISTEM KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MAN KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010183PMT.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN Kuok Kecamatan Bangkinang Barat setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Learning dengan Sistem Kuis Tim. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA melalui strategi pembelajaran aktif tipe jigsaw learning dengan sistem kuis tim di MAN Kuok Kecamatan Bangkinang Barat pada pokok bahasan Turunan Fungsi?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Kuok Kecamatan Bangkinang Barat yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Learning dengan Sistem Kuis Tim. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Learning dengan Sistem Kuis Tim dan tiga pertemuan lagi menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Learning dengan Sistem Kuis Tim. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,40, siklus II adalah 69,43 dan siklus III adalah 73,10 yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Learning dengan Sistem Kuis Tim, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA MAN Kuok Kecamatan Bangkinang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:41
Last Modified: 08 Sep 2017 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item