PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) PADA SISWA KELAS X MA BABUNNAJAH SIAK HULU KAMPAR

Amalia Pratamawati, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) PADA SISWA KELAS X MA BABUNNAJAH SIAK HULU KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010171PMT.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle) pada siswa kelas X MA Babunnajah Siak Hulu Kampar. Rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle) pada siswa kelas X MA Babunnajah Siak Hulu Kampar?” Bentuk penelitian yang dilaksanakan adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Babunnajah Siak Hulu Kampar yang berjumlah 20 orang, yaitu 9 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari kemampuan komunikasi matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 20 siswa yaitu 6 siswa tuntas dan 14 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 30%. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dengan penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle), pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual yaitu 14 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas, dengan rata rata ketuntasan secara klasikal mencapai 70%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle) pada siswa kelas X MA Babunnajah Siak Hulu Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:53
Last Modified: 07 Sep 2017 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item View Item