PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MA BABUNNAJAH KEC. SIAK HULU KAB. KAMPAR

Chici Pramita, (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MA BABUNNAJAH KEC. SIAK HULU KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010170PMT.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran STAD untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPS MA Babunnajah Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, di mana terjadi kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Babunnajah Kec. Siak Hulu Kab. Kampar, dan objeknya adalah penerapan metode pembelajaran STAD dan keterampilan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes keterampilan pemecahan masalah matematika siswa. Observasi dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Setelah diperoleh data hasil tes keterampilan pemecahan matematika siswa, baik pada pembelajaran pra tindakan maupun pada pembelajaran tindakan, peneliti memberikan skor setiap soal, di mana diperoleh skor individual, skor klasikal, dan skor perindikator pemecahan masalah matematika siswa, yang kemudian dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Dari analisis rata-rata skor perindikator hasil tes keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran pra tindakan, diperoleh data sebagai berikut: indikator 1 = 46,25%, indikator 2 = 54,17%, indikator 3 = 49,50%, dan indikator 4 = 24,25% dan pada pembelajaran tindakan, diperoleh data sebagai berikut: indikator 1 = 80,20%, indikator 2 = 78,15%, indikator 3 = 68,78%, dan indikator 4 = 61,96%. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil tes keterampilan pemecahan masalah matematika siswa, mulai dari pembelajaran pra tindakan sampai pembelajaran tindakan siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pra tindakan 32%, tindakan siklus I 72%, tindakan siklus II 72%, dan tindakan siklus III 84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:50
Last Modified: 07 Sep 2017 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item