MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MANDAU DURI

Ridhatul Hayati, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MANDAU DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010152PMT.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-9 SMP Negeri 8 Mandau Duri melalui penerapan metode pengajaran unit. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Apakah terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan metode pengajaran unit di kelas VII-9 SMP Negeri 8 Mandau Duri pada materi himpunan?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 SMP Negeri 8 Mandau Duri yang berjumlah 31 orang, dan objeknya adalah metode pengajaran unit. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran, setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari pemecahan masalah, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah pra tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 53,94%, indikator 2 = 61,8%, indikator 3 = 51,61%, indikator 4 = 48,93%, indikator 5 = 48,92%, indikator 6 = 38,70%, indikator 7 = 48,9%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: indikator 1 = 75,63%, indikator 2 = 87,63%, indikator 3 = 80,10%, indikator 4 = 78,49%, indikator 5 = 77,42%, indikator 6 = 75% dan indikator 7 = 83,87%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode pengajaran unit dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VII-9 SMP Negeri 8 Mandau Duri setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 31 siswa, diperoleh 25 siswa tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 80,64%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:46
Last Modified: 07 Sep 2017 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item